Selasa, 22 Januari 2013

GUDEP DHANAPALA SILATURAHMI & AUDIENSI BERSAMA PIMPINAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA



Senin pagi tanggal 21 Januari 2013, enam orang anak laki-laki yang mengenakan seragam Pramuka lengkap turun dari kendaraan dan menginjakkan kakinya di gedung Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Mereka adalah enam orang Pramuka Penggalang Regu Hiu Putih dari Gugus Depan Dhanapala (Gugus Depan Jakarta Pusat 08-149 & Jakarta Pusat 08-150) yang berpangkalan di SMPN 76 Jakarta Pusat.

Anggota Regu Hiu Putih Dhanapala yang terdiri dari Sahar, Wira, Irfan, Harris, Hanan, dan Rinaldi itu pun berjalan bersama menuju lantai 1 Gedung Kwarnas. Di sanalah letak kantor para pimpinan Kwarnas, dan pastinya kantor Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof. Dr. dr. Azrul Azwar, MPH.



Irfan, Rinaldi, Harris, Wira , Hanan, dan Sahar



Selain Ka Kwarnas, jajaran pimpinan Kwarnas yang juga berkesempatan untuk ikut menghadiri acara silaturahmi dan audiensi tersebut adalah Kak Amoroso Katamsi (Waka Kwarnas), Kak Joedyaningsih (Sesjen Kwarnas), dan Kak Ramli Sairin (Bendahara Kwarnas). Hadir pula Kak Septembri Yanti (Ka Biro Humas Kwarnas) bersama Tim Humasnya.

Keenam anak ini, dengan didampingi oleh para pembinanya, Kak Fuad Zaen dan Kak Arif Prabowo, akan bersilaturahmi kepada Kak Azrul, sapaan Ka Kwarnas, dengan melakukan audiensi (hearing) tentang hasil penelitian salah seorang anggota regu mereka yaitu Ikra Wiratama Hendra, yang akrab disapa Wira.

Ikra Wiratama Hendra (Wira)


Ka Kwarnas dengan serius memperhatikan Wira mempresentasikan hasil penelitiannya
Berjalannya sesi presentasi dan tanya jawab dilaksanakan dalam Bahasa Inggris

Penelitian Wira yang berjudul " LEAD CONTAMINATION IN THE RIVER INFRASTRUCTURE IN INDONESIA" atau "Pencemaran Limbah Timbal Pada Infrastuktur Sungai di Indonesia" ini menggali informasi dan mencari pemecahan masalah yang terkait dengan pencemaran sungai oleh limbah timbal tersebut. Populasi sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi anak-anak sekolah di dua desa di daerah Jawa Barat. Hasilnya cukup mencengangkan. Tubuh anak-anak tersebut ternyata tercemar dan mengakibatkan terganggunya pertumbuhan mereka.

Salah satu Slide penelitian Wira
Salah satu Slide penelitian Wira

Ka Kwarnas yang juga peneliti itu kemudian memberikan masukan-masukan yang sangat berharga kepada adik Penggalang ini. Tidak hanya masukan, tapi mungkin bisa jadi ini adalah bimbingan penelitian yang diberikan seorang Guru Besar kepada mahasiswanya.

"Subhanallah... Luar biasa. Saya kira, ini bukan audiensi tapi lebih merupakan seminar atau sidang disertasi mahasiswa S3 dengan dosen pengujinya, Sang Professor dari Luar Negeri. Semua sesi diselesaikan dalam Bahasa Inggris yang sangat lancar. Pertemuan ini merupakan anugerah buat Wira, karena hasil penelitiannya mendapat masukan-masukan yang sangat membangun untuk memperbaikinya agar lebih bermutu lagi", komentar Kak Fuad Zaen di akhir presentasi Wira pagi hari itu.


Wira menyampaikan hasil penelitiannya kepada Ka Kwarnas


Melanjutkan presentasi yang disampaikan oleh Wira, Kak Fuad Zaen kemudian memaparkan "action plan" atau rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh Gugus Depan Dhanapala dalam rangka perayaan HUT Perak Gudep Dhanapala ke-25 Tahun 2013 (Dhanapala Scout Silver Jubilee 2013) terkait dengan hasil penelitian yang telah Wira lakukan.

Dalam paparannya, Kak Fuad memaparkan 12 agenda kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan dalam rangka Silver Jubilee. Selain kegiatan dwi tahunan berupa "Best of The Best Scouting Competition", Gudep Dhanapala juga memiliki kegiatan unggulan lainnya yaitu berupa kegiatan pendidikan lingkungan hidup serta kegiatan pembangunan masyarakat yang akan diselenggarakan dalam rangka memperingati 25 tahun eksistensi Gudep Dhanapala di dunia kepramukaan. "Educating Young People in Environmental Problems", akan menjadi pergerakan yang sangat menarik untuk dilaksanakan.

Di akhir pertemuan, Kak Azrul menyampaikan ucapan selamat dan memberikan restunya kepada Gudep Dhanapala agar hasil penelitian Wira tersebut dapat dipaparkan dalam forum seminar lingkungan internasional bertajuk “The APR Workshop on Environment Education in Scouting” yang akan diselenggarakan oleh kantor Biro Kepanduan Sedunia/Regional Asia Pasifik di Taiwan pada tanggal 3-6 Juni 2013.
Foto bersama Kak Azrul Azwar setelah acara audiensi
Wira datang ke Kwarnas juga didampingi oleh kedua orang tuanya
Wawancara oleh Tim Humas Kwarnas setelah acara audiensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar