Selasa, 12 Februari 2013

BoB Dalam Kenangan : BoB Scouting Competition 2007

Pada tahun 2007, Gerakan Kepanduan Sedunia yang telah didirikan oleh “The Chief Scout Of The World”, Bapak Pandu se-Dunia, Lord Baden Powell, genap berusia 100 tahun. Untuk itulah, dalam rangka mengawali peringatan 100 tahun Kepanduan se-Dunia yang diperingati oleh seluruh Pramuka di dunia, SMP Negeri 76 bersama Gugus Depan DHANAPALA menggelar sebuah ajang kompetisi ini.



Tahun 2006 lalu adalah batu loncatan pertama bagi SMP Negeri 76 dan Gugus Depan DHANAPALA untuk menunjukkan jati dirinya di tingkat Cabang Jakarta Pusat, DKI Jakarta, tingkat Nasional hingga ke tingkat internasional. Untuk itulah, di tahun 2007 ini, dengan mengusung tema peringatan 100 tahun Kepanduan Sedunia, Centenary of Scouting, kami mengajak para hadirin sekalian untuk berjanji menjadi bagian dari satu dunia yaitu One World One Promise.


Karena itulah, di tempat yang sangat bersejarah dimana pernah diproklamasikan kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945, pernah gugurnya seorang patriot Pandu dalam mempertahankan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1948, dan terakhir datangnya tongkat perdamaian Pramuka Penegak dan Pandega Asia Pasifik, Rover Peace Baton beberapa waktu yang lalu, menjadi sejarah baru bagi SMP Negeri 76 dan Gugus Depan DHANAPALA sebagai Pramuka yang pertama kali menggemakan “One World One Promise, Satu Dunia Satu Janji” di bumi nusantara khususnya di DKI Jakarta tercinta. Semboyan ini memiliki arti yang sangat mendalam, dimana Pramuka-Pramuka di dunia akan bersatu kembali dalam mencapai perdamaian dunia.



PELAKSANAAN KEGIATAN



- Peserta

         

          Peserta BoB ( Best Of The Best ) Scouting Competition 2007 ini adalah Anggota Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SMP atau MTs Se- DKI Jakarta. Jumlah Peserta BoB  ( Best Of The Best ) Scouting Competition 2007 adalah 530 Penggalang atau 53 Regu Putra dan Putri yang berasal dari tiap-tiap cabang yang ada di DKI Jakarta.

         



- Acara



Ø  Upacara Pembukaan




         
Upacara Pembukaan dimulai pukul 08.00 dan dibuka oleh Ibu Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Kotamadya Jakarta Pusat mewakili Kepala Dinas Pendidikan Dasar Provinsi DKI Jakarta, dan dihadiri juga oleh Kepala Seksi Ekstrakulikuler Pendidikan Dasar Provinsi DKI Jakarta serta pejabat-pejabat lainnya.



Ø  Pelaksanaan Lomba



Pelaksanaan BoB ( Best Of The Best ) Scouting Competition 2007 terbagi menjadi 3 Zona Waktu, yaitu :



1.    Zona Waktu I
Zona Waktu I dimulai pada pukul 08.00 s/d 08.45. Pada Zona waktu I terdapat 2 materi yang dilombakan yaitu pionering dan PPGD. Untuk Pionering para peserta diberi soal untuk mengerjakan sebuah bangunan pionering dengan 8 tongkat dalam waktu 8 menit, sedangkan untuk PPGD para peserta diberi soal untuk mengerjakan pembalutan dan pembidaian dalam waktu 8 menit.








2.    Zona Waktu II
Zona Waktu II dimulai pada pukul 09.00 s/d 12.00. Keunikan BoB ( Best Of The Best ) Scouting Competition 2007 terletak pada Zona Waktu II dimana materi yang dilombakan menggunakan sistem seleksi, materi yang dilombakan pada zona waktu II adalah Morse, Semaphore, Ragam Sandi, dan PUPK.












3.    Zona Waktu III

Zona Waktu III dimulai pada pukul 13.00 s/d 15.30. Materi yang dilombakan pada zona waktu ini yaitu LKBB dan Yell regu, dimana peserta menunjukan kekompakan regunya dalam berbaris dan dalam Yell.



4.    The Best Scout Patrol LeaderThe Best Scout Patrol Leader dimulai pukul 16.00 s/d 17.00 The Best Scout Patrol Leader adalah salah satu keunikan lain dalam dalam BoB ( Best Of The Best ) Scouting Competition 2007 ini, dimana para pemimpin regu yang mendaftar harus menjalani 3 macam seleksi agar bisa menjadi The Best Scout Patrol Leader.





Ø  Upacara Penutupan


Upacara Penutupan baru dimulai pada pukul 18.00 yang dilakukan sekaligus pengumuman para pemenang BoB Scouting Competition 2007.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar