Rabu, 12 Juni 2013

PRAMUKA GUGUS DEPAN DHANAPALA MENGAJAK MASYARAKAT UNTUK HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Tidak hanya melakukan penanaman pohon, para Pramuka Gudep Dhanapala juga berkampanye tentang penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat di sekitar Taman Pramuka, khususnya di Pasar Genjing.

Sebuah permainan yang cukup menarik yang dilakukan oleh para Pramuka Penggalang Gugus Depan Dhanapala di kegiatan Green and Health, yaitu penyampaian pesan kesehatan bagi masyarakat di sekitar Taman Pramuka. Satu hal yang lebih menantang lagi adalah saat para Penggalang ini harus berhadapan dengan para penjual di pasar tradisional yang bernama Pasar Genjing.

Bukan rahasia umum lagi, kalau sebuah pasar tradisional di Jakarta memang identik dengan kesan kotor dan berantakan. Justru itulah tantangan yang perlu dilewati oleh para Pramuka Penggalang Gudep Dhanapala dalam menyampaikan pesan kesehatan ini.

Dengan bantuan dari Kementerian Kesehatan RI, dan setelah mendapatkan penjelasan mengenai PHBS, Pramuka Penggalang Gudep Dhanapala kemudian melakukan kampanye kesehatan dengan membagi-bagikan media promosi kesehatan PHBS. "Blusukan" ke dalam Pasar Genjing, para Penggalang Gudep Dhanapala pun menemui banyak karakter manusia di sana. Ada yang mendukung, respek, atau justru ada yang acuh...







Anak-anak Ticket To Life pun tak kalah semangatnya dari para Penggalang Gudep Dhanapala. Kali ini bukan pasar, tetapi justru Rumah Sakit Ibu dan Anak yang ada di dekat Taman Pramuka. Di sini mereka menemui beberapa orang dan mengajak mereka (yang umurnya jauh lebih tua dari anak-anak ini) untuk menerapkan hidup sehat dengan tidak merokok.






Apa itu PHBS  di Rumah Tangga?

  • PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memperdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif  dalam gerakan kesehatan di masyarakat.
  • PHBS di rumah tangga di lakukan untuk mencapai rumah tangga Ber-PHBS.
  • Rumah tangga Ber-PHBS adalah rumah tangga yang melakukan 10 PHBS di rumah tangga yaitu :
  1. persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan
  2. memberi bayi ASI ekslusif
  3. menimbang balita setiap bulan
  4. menggunakan air bersih
  5. mencuci tangan dengan air brsih dan sabun
  6. menggunakan jamban sehat
  7. memberantas jentik di rumah sekali seminggu
  8. makan buah dan sayur setiap hari
  9. melakukan aktifitas fisik setiap hari
  10. tidak merokok di dalam rumah.
(sumber : Pusat Promosi Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI)


Lain halnya aksi yang dilakukan oleh para Penegak Gudep Dhanapala dan Ticket To Life. Mereka mengambil posisi di halte Busway dan berkampanye kesehatan tentang bahaya HIV/AIDS. Di halte busway ini, selain membagikan media promosi kesehatan, para Pramuka Penegak juga menerangkan kepada orang-orang yang lewat, khususnya yang masih remaja tentang HIV/AIDS ini.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar