Selasa, 24 September 2013

NASKAH BoB PEACE FORUM RESOLUTION : SEBUAH JANJI MEMBANGUN MASA DEPAN DUNIA YANG LEBIH BAIK


BoB PEACE FORUM RESOLUTION


Dunia semakin cepat berubah, arus informasi semakin deras, dan keberagaman semakin meningkat. Kehidupan selalu berubah dari waktu ke waktu. Kami menyadari bahwa Indonesia dan dunia ini masih membutuhkan usaha dan perjalanan panjang untuk menjadi tempat yang nyaman dan layak untuk kehidupan.

Kami, Pramuka Penggalang dari Kwarda DKI Jakarta, Kwarda Banten, Kwarda Jawa Barat, dan Kwarda Lampung, peserta Best of the Best Scouting Competition 2013, bersamaan dengan peringatan hari perdamaian dunia, 21 September hari ini, menyatakan diri sebagai Messengers of Peace. Kami adalah Pramuka Penggalang yang akan terus bertumbuh untuk mampu menjadi teladan bagi rekan-rekan kami untuk melakukan kebaikan setiap hari.

Kami akan selalu berusaha untuk:
  1. Membuang sampah pada tempatnya, cerdas dalam memilih makanan, dan mendisiplinkan diri dalam berolahraga
  2. Membangun komunikasi antar anggota keluarga, menghargai perbedaan pendapat antar anggota keluarga dalam permasalahan apapun dan selalu berpikir positif dalam berbagai kondisi.
  3. Mengurangi penggunaan plastik dan kertas, meningkatkan kreatifitas dengan membuat hasta karya dari barang-barang bekas, melakukan kampanye atau sosialisasi tentang gaya hidup sehat.
  4. Menghormati dan menghargai berbagai kebudayaan yang ada, menerapkan perilaku 3S: Senyum, Salam, Sapa kepada semua orang, melihat keberagaman dari berbagai sudut pandang.
  5. Membentuk kelompok belajar, menjadi teman belajar untuk siapa saja, menghormati guru dan mengerjakan semua tugas belajar dengan kesadaran dan penuh tanggung jawab.
Kami tahu kemampuan kami terbatas. Namun kami percaya dengan bimbingan Kakak-Kakak Pembina dan semangat segenap Pramuka Penggalang di mana kami bertumbuh, kami akan terus mampu memperbaiki diri. 

Kami adalah Messengers of Peace. Biarlah dimana kami berada, orang dapat merasakan indahnya kehidupan dan mengerti arti pentingnya melakukan aksi nyata untuk kebaikan, sekecil apa pun ini. Bukan soal seberapa besar yang bisa kami lakukan, tapi tulusnya hati kami. Kami ada untuk perdamaian Indonesia dan dunia.
We are Scouts, We are Messengers of Peace

Cibubur, 21 September 2013
Atas nama peserta BoB Scouting Competition 2013

Tim Perumus :
- Rizki Aldiansyah (Provinsi DKI Jakarta)
- Yudha Saputra (Provinsi Jawa Barat)
- Andina Citra (Provinsi Banten)
- Bella Ariska (Provinsi Lampung) 
Andina (Banten), Bella (Lampung), Rizki (Jakarta), dan Yudha (Jawa Barat)

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
BoB Peace Forum Resolution merupakan hasil rumusan yang dilakukan oleh empat orang Tim Perumus yang dipilih di antara 51 orang pemimpin regu untuk mewakili keempat Kwartir Daerah peserta BoB Silver Jubilee yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Lampung, mereka adalah :
  • Rizki Aldiansyah (Provinsi DKI Jakarta)
  • Yudha Saputra (Provinsi Jawa Barat)
  • Andina Citra (Provinsi Banten)
  • Bella Ariska (Provinsi Lampung)
Kelima puluh satu pemimpin regu tersebut dimbimbing oleh lima orang fasilitator dengan lima topik diskusi bertema "The Future We Want" di seputar Messengers of Peace yaitu Pendidikan (Education), Kesehatan (Health), Lingkungan (Environment), Keluarga (Family), dan Kebudayaan (Culture).

Para pemimpin regu tersebut mendiskusikan permasalahan dan tantangan-tantangan yang terjadi di lingkungan mereka menyangkut kelima topik tersebut, dan setelah itu mereka merencanakan untuk membuat langkah-langkah aksi (resolusi) untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam rangka membantu masyarakat di sekitar mereka.

BoB Peace Forum Resolution merupakan langkah nyata para pemimpin regu peserta BoB Silver Jubilee yang perlu didorong dan didukung terus menerus, mengingat para pemimpin regu saat ini merupakan pemimpin bangsa di masa depan.

Salam Pramuka!

BoB PEACE FORUM RESOLUTION TEAM :

Advisor : Fuad Zaen

Facilitators :
- Yosea Kurnianto (Team Leader)
- Yudha Adyaksa 
- Putry Isti Syprilida
- Putri Nuraini
- Ta'tsa Atthahirah



Kak Fuad di saat membuka pembacaan BoB Peace Forum Resolution


Kak Yosea, Kak Harris Nizam, Kak Yudha Adyaksa, dan Kak Putry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar