Kamis, 05 September 2013

SCOUT d'APPRENTICE : MEMBANGUN IDE TERGILA UNTUK MENCIPTAKAN DUNIA YANG LEBIH BAIK




"SCOUT d'APPRENTICE" merupakan "project competition" yang dilakukan dalam rangka memperingati Dhanapala Scout Silver Jubilee dan bekerja sama dengan Messanger of Peace Project Indonesia. Di samping bertujuan menjaring proposal proyek Messanger of Peace, kegiatan ini juga bertujuan membangun kreativitas dan kemampuan gugus depan-gugus depan dalam me-manage sebuah kegiatan dalam lingkup Messengers of Peace

Dalam "SCOUT d'APPRENTICE" menggunakan 5 (lima) topik untuk diangkat di dalam penyusunan rencana proyek kegiatan bakti masyarakat yaitu Education (pendidikan), Health (kesehatan), Environment (lingkungan), Entrepreneurship (kewirausahaan) dan Culture (budaya).

Dalam kegiatan ini, para peserta dinilai kelayakan proyeknya dengan melalui 3 hal penilaian besar sebagai berikut :

Penyusunan Proposal
Presentasi 
–Media Promosi

Penyusunan Proposal
a. Para peserta diharuskan menyusun proposal rencana proyek terkait dengan salah satu tema di atas, sesuai dengan format yang disyaratkan oleh WOSM dalam hal pengajuan proposal Messengers of Peace Project.

b. Panitia mensyaratkan agar peserta mengirimkan proposal tersebut berupa DVD yang berisi softcopy berupa Ms. Word & Ms.Powerpoint 2007 dari proposal dan media promosi kegiatan selambat-lambatnya dikirimkan 2 minggu sebelum pelaksanaan Best of The Best Scouting Competition dimulai (tanggal 7 September 2013 pukul 23.59 WIB) diserahkan kepada panitia "Dhanapala Scout Silver Jubilee 2013" secara langsung atau via pos. Peserta pengirim file via pos diwajibkan mengirim hasil scan resi pengiriman ke alamat email dhanapalascout@yahoo.com.

c. Pengumuman Enam (6) besar akan diumumkan seminggu sebelum pelaksanaan Best of The Best Scouting Competition (tanggal 14 September 2013 pukul 23.59 WIB).

d. Panitia DHANAPALA Scout Silver Jubilee 2013 melakukan screening awal dan sortir kelayakan level 1 atas semua proposal beserta DVD-nya masing-masing dan selanjutnya menyampaikan kepada Tim Juri.

e. Tim Juri selanjutnya akan melakukan penilaian kelayakan level 2 untuk menghasilkan 6 besar proposal. Peserta 6 besar tersebut selanjutnya ditetapkan sebagai peserta dengan kelayakan level 3 yang akan melakukan presentasi lengkap saat kegiatan Best of The Best Scouting Competition berlangsung (tanggal 22 September 2013).

Presentasi
a. Peserta 6 besar yang telah ditetapkan sebagai peserta dengan kelayakan level 3, menyiapkan semua materi yang diperlukan untuk menyampaikan presentasi lengkap kepada 5 orang Tim Juri saat kegiatan "Best of The Best Scouting Competition" berlangsung (tanggal 22 September 2013).

b. Peserta yang terdiri dari tim presenter paling banyak 2 orang (terdiri atas Pramuka Penegak-Pandega) diberikan waktu sebanyak-banyaknya 10 menit untuk menyampaikan presentasinya dalam promosi kegiatan (dalam bentuk power point), termasuk media yang akan digunakan dalam rangka mempromosikan kegiatannya.

c. Setelah peserta melakukan presntasi , akan diadakan sesi Tanya jawab.

Media Promosi
Tim presenter menyiapkan media yanag direncanakan untuk digunakan sebagai promosi kegiatan yang akan dilakukannya dalam bentuk apapun. Contoh : flyer, spanduk/banner, poster, iklan (cetak dan atau video), dll.

Aspek Penilaian :
a) Isi Proposal : 50 poin
b) Penggunaan Bahasa : 50 poin
c) Sikap dan Penampilan saat presentasi : 50 poin
d) Media Promosi : 50 poin

Jumlah : 200 poin

Hasil Pemenang pertama dari Scout d'Apprentice ini selanjutnya akan disampaikan kepada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk selanjutnya dapat diusulkan kepada Messengers of Peace Project (format proposal sesuai dengan format MoP, syarat dan ketentuan berlaku). 


So, what is your craziest idea for creating a Better World???
Jut Dream - Do - Share!!!

oh... Alelleeeee !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar