Kamis, 05 September 2013

THE 1st SCOUT-INDIE MOVIE FESTIVAL : AJANG KOMPETISI KREATIFITAS KARYA FILM PENDEK PRAMUKA INDONESIA


"SCOUT-INDIE MOVIE FESTIVAL" (SIMFest) merupakan "creativity competition" yang dilakukan dalam rangka memperingati Dhanapala Scout Silver Jubilee dan bekerja sama dengan Aletta Pictures. Di samping bertujuan membangun kreatifitas para talent bidang perfilman di lingkungan kepramukaan, kegiatan ini bertujuan untuk menjaring bakat-bakat muda yang belum pernah terangkat di dunia perfilman.


Setelah sukses dengan penyelenggaraan “Scout Public Service Announcement” (Iklan Kepramukaan) pada tahun 2009 dan 2011, Gugus Depan Dhanapala mencoba untuk menjalin kerja sama dengan Aletta Pictures sebagai salah satu Production House yang sukses dengan Film “Surat Kecil Untuk Tuhan” dan “Hasduk Berpola”.



Proses dan Prosedur :
  1. Peserta mengisi dan mengirimkan form pendaftaran Scout-Indie Movie Festival ke alamat email dhanapalascout76.id@gmail.com.
  2. Lomba bersifat umum sehingga peserta tidak dibatasi umur dan pendidikan, sertakan fotocopy dan tanda pengenalmu (KTP/SIM/Kartu Pelajar atau Mahasiswa)
  3. Video merupakan karya asli, bukan merupakan saduran, atau terjemahan dan tidak mengambil dari karya orang lain baik sebagian maupun keseluruhan.
  4. Apabila di kemudian hari terbukti karya tersebut tidak orisinil atau milik orang lain, Panitia berhak mencabut hak peserta tersebut dari keikutsertaannya dalam lomba ini.
  5. Karya orisinil belum pernah dipublikasikan atau pun diikutsertakan dalam lomba sejenis.
  6. Film utuh tanpa disertai potongan jeda untuk iklan dan tidak mencantumkan nama dan logo pangkalan.
  7. Satu pangkalan hanya dapat mengirimkan 1 (satu) karya.
  8. Durasi video antara 10-20 menit.
  9. Materi film harus berdasarkan tema “ENVIRONMENT EDUCATION ON SCOUTING”, “THE FUTURE WE WANT”, atau “THE MESSENGERS of PEACE”.
  10. Tidak menampilkan karya yang mengandung unsur SARA dan pornografi.
  11. Jenis kamera bebas (kamera handphone, kamera digital/camcorder, handycam atau camera video digital seperti Mini-DV).
  12. Efek, teknik, atau variasi editing bebas.
  13. Video menggunakan bahasa Indonesia.
  14. Video lomba yang dikirim ke panitia menjadi hak milik panitia sepenuhnya.
  15. Pendaftar bertanggung jawab atas segala permasalahan hak cipta yang terkait dengan pembuatan dan kepemilikan film pendek yang didaftarkan.
  16. Seluruh biaya dan proses pengiriman materi film yang didaftarkan ke panitia merupakan tanggung jawab pendaftar.
  17. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  18. Karya dalam bentuk format (MPEG/AVI/MOV/MP4) dan disertakan dalam bentuk DVD, serta print out biodata lengkap dan sinopsis diserahkan kepada panitia "Dhanapala Scout Silver Jubilee 2013" secara langsung atau via pos.
  19. Peserta pengirim file via pos diwajibkan mengirim hasil scan resi pengiriman ke alamat email dhanapalascout76.id@gmail.com.
  20. Enam besar hasil karya peserta akan ditampilkan dalam kegiatan “Best of The Best Scouting Competition 2013”.
  21. Hasil karya film dikumpulkan 2 minggu sebelum kegiatan Best of The Best Scouting Competition berlangsung yaitu tanggal 7 September 2013 pukul 23.59 WIB.
  22. Pengumuman Enam (6) besar akan diumumkan pada saat kegiatan Best of The Best Scouting Competition Berlangsung yaitu di Kuil Gemini (Dimensi Satu).

Aspek Penilaian :
  1. Originalitas dan Relevansi dengan Tema  : max. 50 poin
  2. Sasaran Penyampaian dan Kebermanfaatan bagi publik : max. 50 poin
  3. Penyajian dan Penyutradaraan : max. 50 poin
  4. Technical Quality (tata sinematografi, tata artistik, tata suara, tata musik) : max. 50 poin 
Jumlah : max. 200 poin
 
Oiya... hadiah uang pembinaan secara tunai dipersembahkan oleh Aletta Pictures...

Ayo terus berkarya, dan jadikan dunia ini menjadi lebih baik!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar