Sabtu & Minggu, 10-11
November 2012, Gugus Depan Dhanapala mengirimkan Regu Rajawali dan Regu Melati
untuk mengikuti kegiatan “ Lomba Antar Regu Penggalang Ke-8 Tahun 2012” atau (LAR-G
2012). Kegiatan yang mengambil tema “Menaklukkan Benteng Musuh” ini diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Gugus
Depan 09.009 – 09.010 yang berpangkalan di SMP Negeri 9 Jakarta dan bertempat
di Bumi Perkemahan Cibubur.
Untuk menghadapi lawan-lawan
lainnya dari beberapa wilayah di Jabodetabek, Pasukan Penggalang Gugus Depan
Dhanapala binaan Kak Hasan Basri dan Kak Arif Prabowo ini membentuk Tim
Official di bawah komando Kak Aditya Caesar Sigiro, Calon Penegak Bantara Putra
Gudep Dhanapala. Suatu strategi khusus pun disusun bersama Kak Hasan dan Tim
Officialnya.
Pagi itu, Sabtu 10 November 2012,
Regu Rajawali dan Regu Melati berangkat ke Bumi Perkemahan Cibubur dengan rasa
percaya diri yang tinggi. Suasana hangat di pagi itu menunjukkan bahwa
kedelapan Penggalang itu telah membakar cosmonya ke level tertinggi.
Kegiatan lomba Pramuka Penggalang
ini bisa dikatakan tergolong unik di antara kegiatan-kegiatan lomba yang pernah
diikuti sebelumnya. Bagaimana tidak? disamping harus menguasai Keterampilan
Kepramukaan (scouting skills), para
peserta juga dituntut untuk menguasai kemampuan teknologi, kecerdasan
intelegensi, dan tentunya kerja sama tim yang baik.
Seperti
telah diberitakan sebelumnya, dalam kegiatan Lar-G ini, Regu Rajawali dan Regu
Melati berhadapan dengan regu-regu terbaik lainnya dari wilayah Jabodetabek,
untuk menjalankan misi "Menaklukkan Benteng Musuh" dan menyelesaikan
pos-pos yang terdiri dari :
1.
Mr. Brain
a. PU/PK (2 orang)
b. Menaksir (2 orang)
c. Simbol (2 orang)
a. PU/PK (2 orang)
b. Menaksir (2 orang)
c. Simbol (2 orang)
d.
Kode enkripsi/Ragam Sandi (2 orang)
2. Technoman
a. Teknologi & komputer (2 orang)
b. Robot (2 orang)
c. Roket air (2 orang)
d. Pelontar otomatis (2 orang)
3. Diorama
a. Pioneering menara (2 orang)
b. Pioneering jembatan (2 orang)
c. Memahat gips (2 orang)
d. Paper craft (2 orang)
4. Navigasi
a. Peta buta (2 orang)
b. Peta topografi (2 orang)
c. Denah ruang (2 orang)
d. Peta bolong (2 orang)
5. Nightwalker
a. KIM mendengar (1 orang)
b. Kompas (2 orang)
c. Semaphore & Morse (4 orang)
d. Halang rintang (8 orang)
6. Ambush
a. Shooter (1 orang)
b. Ladang ranjau (2 orang)
c. Ball in the maze (4 orang)
d. Melarikan diri (8 orang)
7. Yell-yell (16 orang)
8. Catur manusia (18 orang)
Dalam permainan "Catur Manusia", Gudep Dhanapala maju ke Grand Final melawan Nasadewa dari SMPN 19 Bekasi. Dalam permainan ini, Kak Hasan Basri menunjukkan kepiawaiannya memainkan bendera Semaphore dalam memberikan instruksi kepada anggota Regu Rajawali dan Melati. Hasilnya? Dhanapala menang telak !
2. Technoman
a. Teknologi & komputer (2 orang)
b. Robot (2 orang)
c. Roket air (2 orang)
d. Pelontar otomatis (2 orang)
3. Diorama
a. Pioneering menara (2 orang)
b. Pioneering jembatan (2 orang)
c. Memahat gips (2 orang)
d. Paper craft (2 orang)
4. Navigasi
a. Peta buta (2 orang)
b. Peta topografi (2 orang)
c. Denah ruang (2 orang)
d. Peta bolong (2 orang)
5. Nightwalker
a. KIM mendengar (1 orang)
b. Kompas (2 orang)
c. Semaphore & Morse (4 orang)
d. Halang rintang (8 orang)
6. Ambush
a. Shooter (1 orang)
b. Ladang ranjau (2 orang)
c. Ball in the maze (4 orang)
d. Melarikan diri (8 orang)
7. Yell-yell (16 orang)
8. Catur manusia (18 orang)
Dalam permainan "Catur Manusia", Gudep Dhanapala maju ke Grand Final melawan Nasadewa dari SMPN 19 Bekasi. Dalam permainan ini, Kak Hasan Basri menunjukkan kepiawaiannya memainkan bendera Semaphore dalam memberikan instruksi kepada anggota Regu Rajawali dan Melati. Hasilnya? Dhanapala menang telak !
sumber foto :
Pramuka Sembilan Jakarta
Pramuka Sembilan Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar