Rabu, 14 November 2012

DHANAPALA TAMPIL PRIMA DI LAR-G KE-8 TAHUN 2012


Sabtu & Minggu, 10-11 November 2012, Gugus Depan Dhanapala mengirimkan Regu Rajawali dan Regu Melati untuk mengikuti kegiatan “ Lomba Antar Regu Penggalang Ke-8 Tahun 2012” atau (LAR-G 2012). Kegiatan yang mengambil tema “Menaklukkan Benteng Musuh” ini  diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan 09.009 – 09.010 yang berpangkalan di SMP Negeri 9 Jakarta dan bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur.

Untuk menghadapi lawan-lawan lainnya dari beberapa wilayah di Jabodetabek, Pasukan Penggalang Gugus Depan Dhanapala binaan Kak Hasan Basri dan Kak Arif Prabowo ini membentuk Tim Official di bawah komando Kak Aditya Caesar Sigiro, Calon Penegak Bantara Putra Gudep Dhanapala. Suatu strategi khusus pun disusun bersama Kak Hasan dan Tim Officialnya.  



Pagi itu, Sabtu 10 November 2012, Regu Rajawali dan Regu Melati berangkat ke Bumi Perkemahan Cibubur dengan rasa percaya diri yang tinggi. Suasana hangat di pagi itu menunjukkan bahwa kedelapan Penggalang itu telah membakar cosmonya ke level tertinggi.


Kegiatan lomba Pramuka Penggalang ini bisa dikatakan tergolong unik di antara kegiatan-kegiatan lomba yang pernah diikuti sebelumnya. Bagaimana tidak? disamping harus menguasai Keterampilan Kepramukaan (scouting skills), para peserta juga dituntut untuk menguasai kemampuan teknologi, kecerdasan intelegensi, dan tentunya kerja sama tim yang baik.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, dalam kegiatan Lar-G ini, Regu Rajawali dan Regu Melati berhadapan dengan regu-regu terbaik lainnya dari wilayah Jabodetabek, untuk menjalankan misi "Menaklukkan Benteng Musuh" dan menyelesaikan pos-pos yang terdiri dari :

1. Mr. Brain
a. PU/PK (2 orang)
b. Menaksir (2 orang)
c. Simbol (2 orang)
d. Kode enkripsi/Ragam Sandi (2 orang)

2. Technoman
a. Teknologi & komputer (2 orang)
b. Robot (2 orang)
c. Roket air (2 orang)
d. Pelontar otomatis (2 orang)

3. Diorama
a. Pioneering menara (2 orang)
b. Pioneering jembatan (2 orang)
c. Memahat gips (2 orang)
d. Paper craft (2 orang)

4. Navigasi
a. Peta buta (2 orang)
b. Peta topografi (2 orang)
c. Denah ruang (2 orang)
d. Peta bolong (2 orang)

5. Nightwalker
a. KIM mendengar (1 orang)
b. Kompas (2 orang)
c. Semaphore & Morse (4 orang)
d. Halang rintang (8 orang)

6. Ambush
a. Shooter (1 orang)
b. Ladang ranjau (2 orang)
c. Ball in the maze (4 orang)
d. Melarikan diri (8 orang)

7. Yell-yell (16 orang)
8. Catur manusia (18 orang)

Dalam permainan "Catur Manusia", Gudep Dhanapala maju ke Grand Final melawan Nasadewa dari SMPN 19 Bekasi. Dalam permainan ini, Kak Hasan Basri menunjukkan kepiawaiannya memainkan bendera Semaphore dalam memberikan instruksi kepada anggota Regu Rajawali dan Melati. Hasilnya? Dhanapala menang telak !

sumber foto :
Pramuka Sembilan Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar